Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyusuri Keindahan Gua Bangkudu di Muna Barat

Bentang alam Muna Barat seolah tak pernah kehabisan untuk diceritakan. Salah satu keunikan yang dimilikinya, seperti Gua Bangkudu.

Gua Bangkudu cukup mudah dijangkau dari pusat kota laworo, Muna Barat, Sulawesi Tenggara, hanya 35 menit berkendara. Selanjutnya, pengunjung bisa berjalan kaki melewati kebun masyarakat sejauh 1 kilo meter sampai tiba di mulut gua tersebut.

Di dalam gua, terdapat chamber yang berukuran kurang lebih 100 x 30 meter dan tinggi sekitar 30 meter. Ini menjadi salah satu daya tarik gua bangkudu yang tidak dimiliki gua lainnya yang berada di Sultra. 

Saat memasuki mulut gua, kondisi medan sedikit menurun dan melewati pilar pilar gua, setelah 10 meter menelusur, akan tampak chamber yang luar dengan langit gua yang terbuka, sehingga cahaya leluasa menyinari ruangan gua. 

Siang hari menjadi waktu yang tepat untuk menelusuri gua, cahaya matahari menerobos masuk melalui lubang besar diatap gua, waktu terbaik antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Cahaya yang masuk akan menerangkan seluruh ruangan gua, sehingga sangat bagus untuk  berswafoto.

Hal unik lainnya, gua ini menjadi salah satu sumber air bagi masyarakat yang bermukim di kebun. Beberapa ruangannya menyimpar air dari tetesan stalaktit aktif.

Kini kawasan masuk ke Gua Bangkudu masih masuk dalam kawasan perkebunan masyarakat, sehingga kealamian gua akan  terus terjaga.