Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Perlengkapan Sebelum Menjelajahi Hutan Tropis

Panas, lembab dan basah menjadi tantangan bagi para pelancong di hutan tropis. Untuk itu kami telah menyusun daftar pengepakan Jungle Trek ini sebagai panduan untuk memastikan Anda pergi dengan semua yang Anda butuhkan agar perjalananmu menyenangkan, aman dan nyaman.

Peralatan Penting

Topi Rimba
Tabir Surya 
Kacamata hitam
Tas Cuci (yang digulung dan digantung adalah yang terbaik)
Handuk Perjalanan
Dompet Dokumen (sebaiknya yang tahan air)
Sabun 
Mandi Cuci Kering
Pengusir Serangga 
Pereda Gigitan
Kotak P3K (dengan jarum steril dan bantalan blister)
krim penggosok
Teropong
Botol Air / Sistem Hidrasi
Pemurnian dan Penetral Air
Multi-alat
Kantong kering

Pakaian

Pakaian Perjalanan dirancang agar ringan, mudah dirawat, cepat kering, dan tahan pakai. Sebagian besar dirancang dengan perlindungan matahari UPF built-in, ventilasi tambahan, dan kantong keamanan rahasia. 
Pastikan Anda memiliki satu set pakaian 'kering' untuk digunakan saat malam hari yang disimpan dalam kantong kering agar anda bisa merasa nyaman di tempat tidur.

Pakaian dalam
Celana Ringan
Celana Convertible
Celana pendek
Baju lengan panjang
Kemeja/T-Shirt Lengan Pendek
Jaket Tahan Air Ringan
Celana Tahan Air Ringan

Perlengkapan Tidur

Saat malam hari di hutan tropis cuaca bisa saja sehangat dan selembab siang hari. Sebagian besar malam akan dihabiskan di tempat tidur. Namun, ada kemungkinan besar Anda akan membutuhkan kehangatan ekstra dari sleeping bag.

Kantong tidur berisi menawarkan solusi yang ringan dan hangat, meskipun tidak akan membuat Anda tetap hangat jika harus basah. Tas sintetis lebih besar tetapi tetap akan membuat Anda tetap hangat jika basah. Ingat, lapisan kantong tidur sutra bagus untuk dipakai sendiri, tetapi juga akan menambah kehangatan sekitar 5 derajat C ke tas Anda. Lebih mudah dibersihkan daripada kantong tidur juga, kecil, dan hampir tidak memakan tempat.
Sleeping bag 
Tempat tidur gantung
Sarung Bantal (untuk kebersihan)

Carriel 

Pilihan tas untuk digunakanpun sangat beragam. Anda dapat memilih dari: front loading pack yang biasanya datang dengan day pack sendiri, trekking pack top loading, atau duffle bag jika Anda memiliki banyak perlengkapan untuk dibawa. 

Periksa apakah paket utama Anda, serta paket harian Anda, dilengkapi dengan penutup hujan dan/atau pisahkan perlengkapan Anda dengan kantong kering sehingga Anda menjaga kit kering Anda tetap kering, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kebutuhan perjalanan Anda.

Paket Perjalanan

Daypack 20-25 Liter 
Raincover 
gembok

Alas kaki

Merawat kaki Anda di hutan sangat penting, tetapi bisa juga menjadi sulit. Terlepas dari apa yang Anda kenakan di kaki Anda. Kaki akan menjadi sangat panas dan berkeringat di panas lembabnya daerah tropis, dan mungkin basah basah kuyup dalam hujan deras atau aliran berada dialiran sungai. Sebaiknya jangan pilih sepatu yang tahan air, karena ini tidak akan membuat kaki Anda bernapas serta sepatu yang berventilasi akan lebih baik. Selain itu, Anda dapat mengeringkan sepatu  yang tidak tahan air jauh lebih mudah daripada sepatu tahan air.