Berangkat dari Aksi Sosial ramadhan pada bulan Agustus 2011 yang dilakukan oleh sebagian pencinta alam kota kendari, bertempat di salah satu panti asuhan tepatnya dijalan mekar, disinilah awal mula perlunya membentuk suatu wadah bersama. Kepanitiaan yang ada hanya melibatkan individual, duduk dalam satu lingkaran ide itu keluar, dan saling memanggil bagi teman teman yang peduli atas sesama. Membentuk kepanitiaan kecil, membagi tugas, dan menjalankan tanggung jawabnya masing masing.

Setiap malam diadakan rapat kecil untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan kegiatan. Kegiatan ini dilandasi oleh panggilan nurani untuk berbagi antar sesama yang belum mampu dalam hal ini adalah anak anak panti asuhan. kegiatan ini bersifat individual, tidak mengatas namakan lembaga atau organisasi. Singkatnya kalau ada yang mau berpartisipasi dan mencari amal, silahkan bergabung.

Bentuk kegiatannya berupa pembagian sembako, pengecetan fisik rumah sekolah panti, pembagian pakaian bekas layak pakai, pembagian Alquran, buka puasa dan shalat bersama anak panti. Alhamdulilah kegiatan itu terlaksana dengan sukses. Hal ini membuka mata teman teman pencinta alam, betapa kuat, besar dan solidnya kalau kita sering berkumpul dalam satu kegiatan bersama demi kepentingan banyak orang.

Terlepas dari itu teman teman menindak lanjuti wacana perlu adanya sebuah wadah bersama. TIM pun dibuat untuk jalan sekret ke sekret silaturahmi dan mengadakan sosialisasi tentang rencana pembentukan wadah tersebut. Beberapa secretariat yang kami datangi pemiliknya sama skali tidak berada ditempat, tetapi kami tetap diinfokan via sms dan jejaring sosial. Pada dasarnya setiap organisasi yang kami datangi sangat sepakat tentang adanya forum ini.

Setelah sebulan selanjutnya tepatnya dibulan September 2011 kami membentuk sebuah tim yang dinamakan fasilitator pembentukan wadah Pencinta Alam Se Kota Kendari dan dikoordinatori oleh satu orang bertugas membuat surat pertemuan seluruh Pencinta Alam Se Kota Kendari. Rapat pertama pada tanggal 14 september di eks fakultas Teknik kampus II Unsultra. Agenda pada waktu itu tim fasilitator mengutarakan maksud pembentukan wadah tersebut, 12 lembaga yang hadir pada saat itu, 11 memberi tanggapan dan menyatakan setuju dan 1 lembaga menyatakan keputusan akan dibawah ke rapat berikutnya.


Rapat ke 2 pada tanggal 24 september 2011 bertempat di Aula kantor Balatkop dihadiri 12 lembaga, mengagendakan musyawarah anggota untuk pembentukan wadah. Hasil, perlunya panitia pelaksana untuk memfasilitasi pertemuan musyawarah. Rapat ke 3 pada tanggal 14 Oktober 2011 bertempat di halaman kantor Telkom dihadiri 8 lembaga, dengan agenda pembentukan panitia musyawarah yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan November atau Desembar 2011.

Tepat pada bulan desember ketua panitia musyawarah/koord fasilitator mengikuti kegiatan ekspedisi dilembaganya, sehingga kepanitiaan tidak berjalan sesuai rencana, Pembentukan wadahpun terhambat. Diawal tahun 2012 sebagian teman2 memberikan info dan menanyakan perkembangan pembentukan wadah via sma kepada tim fasilitator, sehingga pada akhir bulan februari tim fasilitator kembali merapatkan barisan untuk melanjutkan pembentukan wadah dan diagendakan rapat ke 4 pada tanggal 6 merat 2012 di aula faperta kampus unhalu.


Pertemuan tersebut dihadiri 12 lembaga dan menghasilkan beberapa hasil rapat diantaranya :
1. Nama Wadah Sekertariat Bersama (Sekber) Pencinta Alam Kota Kendari.
2. Anggota Sekber adalah perwakilan dari tiap tiap Organisasi Pencinta Alam yang berada di kota Kendari.
3. Anggota SEKBER adalah perwakilan yang hadir pada saat rapat tanggal 18 Maret 2012.
4. Segala aturan yang mengikat SEKBER akan dibahas dalam rapat V pada tanggal 18 Maret 2012.

Rapat ke V pada tanggal 18 maret 2012 di Aula UMK menghasilka keputusan
Nama : Sekertariat Bersama (Sekber) Pencinta Alam Kendari,
Kedudukan : Berkedudukan di Kota Kendari.
Tujuan : Mempererat tali persaudaraan sesama pencinta alam kota kendari, Mempererat solidaritas, silaturahmi, kekeluargaan dan kerjasama antar organisasi. Sebagai pusat informasi pencinta alam se kota kendari, Membesarkan nama pencinta alam dimata masyarakat dan pemerintah, kontrol social.
Pengurus : merupakan delegasi dari tiap tiap organisasi dan berjumlah 1 (satu) orang.
Sekber diketuai oleh sekertaris jendral (sekjen)
Hak dan Kewajiban Sekjen : Menjalankan fungsi Administrasi. Masa jabatan sekjen : selama 1 (satu) tahun.
Keanggotaan : Bersifat tidak mengikat dan Anggota Sekber merupakan Organisasi Pencinta Alam yang berada di kota Kendari dan menyatakan bergabung dalam SEKBER.
Hak Anggota : Memiliki hak bicara, Memiliki hak suara.
Kewajiban Anggota : Mengutus 1 (satu) orang delegasi dan Menjaga nama baik SEKBER.
Pengambilan keputusan : Musyawarah Mufakat.
Setiap hasil rapat, masing masing selalu di informasikan ke pengurusnya.


Pada rapat ke VI pada tanggal  22 maret 2012, bertempat di aula faperta unhalu menghasilkan keputusan :
Delegasi merupakan anggota dari organisasi pencinta alam dan sebagai anggota penuh.
Nama nama Delegasi sementara dalam Sekber .
Hendri - (Mahiscita Stain Kendari)
Erick - (Mahacala Unhalu)
Rajim - (Korps Mahipalas Sultra)
Sarman - (KPA Amcalas Kendari)
Mursalin - (Mata Alam UMK)
Adjie’ub - (Impala Sangiawita)
Sry - (Perimbas Mipa Unhalu)
Ansar – (Wanapal Sultra)
Hamidin – (Mapala Tropis)
Linto - (Mapala Unsultra)
Isnan - (KPA LH Zenith S.C.A.)

Calon sekjen merupakan delegasi dalam sekber serta tidak menjabat sebagai Ketua Umum, Sekertaris umum dan Bendahara umum dalam organisasinya.
Nama nama Calon Sekjen periode 2012-2013
1. Rajim
2. Hamidin
3. Linto
Keanggotaan dalam sekber dinyatakan dalam sebuah piagam yang ditanda tangani oleh seluruh delegasi. Setelah itu pada tanggal 23 maret 2012 bertempat disekertariat Imppala Sangiawita terjadilah pemilihan sekjen sekber, dan terpilihlah saudara Linto dari dari Mapala Unsultra sebagai sekjen periode 2012-2013. Kemudian bertambahnya organisasi baru yang bergabung dalam sekber.
loading...
This Is The Newest Post
Previous article Previous Post