Ada masa-masanya sebagai penggiat alam, ingin melakukan ekspedisi keluar negeri. Selain berkegiatan di dalam negeri sudah sering dilakukan, tetapi mencoba hal hal baru adalah sebuah tantangan untuk mematangkan sebuah organisasi. Untuk itu banyak organisasi mapala ataupun kelompok pencinta alam ingin mewujudkan ekspedisi diluar negeri. 

Biaya yang mahal menjadi salah satu penyebab kurangnya minat keluar negeri. Namun bukan berarti semangat ekspedisi itu luntur hanya karena masalah biayaa. Kalau kita teliti, ada beberapa cara agar ekspedisi keluar negeri itu dapat terealisasikan, berikut tips yang bisa kalian coba.

1. Pilih negara tujuan yang memberikan akses bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia.

Mengurus visa menjadi sebuah kegiatan yang dihindari cukup banyak orang. Alasan pertama, dokumen pendukung yang harus disiapkan biasanya banyak dan butuh usaha yang gak sedikit untuk melengkapinya. Kedua, harganya cukup mahal—ratusan hingga jutaan rupiah—dan setelah berupaya mengajukan visa pun, selalu ada kemungkinan untuk ditolak.

Banyak tujuan negara yang gak bikin kamu repot mengurus visa. Mulai dari potensi divisi gua, gunung, sungai, bahari, maupun paralayang, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. Kamu hanya perlu rajin-rajin browsing mencari negara mana saja yang menarik untuk dieksplorasi.

2. Cari penginapan alternatif selain hotel.

Untuk menghemat budget, kamu bisa memilih menginap di hostel yang biasanya lebih murah daripada hotel biasa. hostel menjadi pilihan bijak karena kamu gak perlu membayar kamar yang standarnya untuk dua orang. Serunya lagi, kamu bisa menambah kenalan dengan sesama traveler yang berkumpul di kamar yang sama. Jika butuh privasi, kamu bisa memilih hostel dengan tipe tempat tidur kapsul.

3. Tentukan waktu sebelum atau setelah high season.

Hukum permintaan dan penawaran selalu berlaku kapan pun dan di mana pun, termasuk urusan traveling. Ketika hari libur alias high season, selain harga-harga lebih mahal, ketersediaan tiket dan penginapan juga akan lebih terbatas karena banyak orang yang sudah memesannya dari jauh-jauh hari. ada baiknya pilih tanggal-tanggal low season agar dapat harga tiket pesawat lebih murah.

4. Kejar tiket promo maupun program diskon.

Salah satu biaya terbesar untuk melakukan perjalanan adalah tiket transportasi menuju ke dan kembali dari tempat tujuan. Untuk itu, mengejar tiket promo adalah salah satu kunci untuk pergi ke luar negeri dengan budget terbatas. Ada banyak cara untuk mendapatkan tiket ekonomis ini.

Pertama, menunggu offline maupun online travel fair dari maskapai penerbangan. Mereka biasanya sudah punya jadwal setiap tahun, sehingga kamu bisa menyesuaikan penawaran dari maskapai penerbangan mana yang paling sesuai dengan rencana perjalananmu. Kedua, rajin mengecek penawaran spesial dari OTA (online travel agent). Setiap bulan, ada saja penawaran diskon dari OTA. Kamu hanya perlu rajin menghitung, kode promo mana yang paling menguntungkan untuk kamu.

5. Mencari informasi sebanyak banyaknya

Mengumpulkan data adaalah hal wajib, untuk mempermudah ekspedisi dilakukan. Kalian bisa meminta laporan ke organisasi organisasi yang telah melakukan ekspedisi di tempat yang akan kalian tuju. Dari laporan tersebut akan sangat jelas hal hal apa saj yang perlu dan tidak perlu kalian siapkan serta antisipasi apa saja yang harus dilakukan saat terjadi insiden. 

Itulah beberapa tips yang bisa kalian coba, tidak ada yang mustahil jika niat dan kemauan yang besar untuk mewujudkannya. Salam lestari..
loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post