Perjalanan atau petualangan saat ini semakin banyak digemari para kaum milenial. Sebagian menganggap hal ini merupakan gaya hidup, ada juga yang melakukan petualangan untuk menyalurkan hoby. Diantara banyak alasan, memang sejatinya traveling perlu dilakukan sebagai proses alami dalam kehidupan manusia. 

Melakukan traveling tentunya banyak pengalaman baru yang akan didaptkan, selain itu sebagai manusia yang beriman, diharapkan akan semakin bersyukur dan mendapatkan banyak hikmah serta pelajaran dari berbagai kejadian yang dihadapinya di perjalanan.

Dalam islam, hal ini sudah difirmankan dalam Alquran, terdapat beberapa ayat yang menjelaskan perlunya seorang muslim melakukan perjalanan, baik petualangan mendaki gunung, perjalanan ibadah maupun perjalanan wisata sejarah, untuk melihat lebih dekat kekuasaan Allah. Berikut rangkuman ayat yang menjelaskan perlunya travelling.

1. Surat Al-An'am Ayat 11
" Katakanlah: 'Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu'."

2. Surat Ar-Rum Ayat 9
" Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka? orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berlaku zalim kepada diri sendiri."

3. Surah Ar-Rum Ayat 42
" Katakanlah: 'Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)'."

4. Surat Luqman Ayat 31
" Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur."

5. Surat An-Naml Ayat 69
" Katakanlah: 'Berjalanlah kamu (di muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa'."

6. Surat Ali 'Imran Ayat 137
" Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)."

7. Surat Yusuf Ayat 109
" Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?"

8. Surat Muhammad Ayat 10
" Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi sehingga mereka dapat memperhatikan bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka; Allah telah menimpakan kebinasaan atas mereka dan orang-orang kafir akan menerima (akibat-akibat) seperti itu."

9. Surat Al-Mulk Ayat 15
" Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post