Tersesat di hutan adalah sesuatu yang menakutkan, apa lagi bagi kalian yang belum terbiasa berlama lama dihutan rimbun. Nah ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk untuk bertahan hidup lebih mudah. Beberpa tips dibawah ini, bisa menjadi bekal saat terjadi masalah dihutan, karena kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu membutuhkannya!

Jika Kamu tersesat di hutan maka S-T-O-P
Stop – Berhenti, Think – Pikirkan, Observe - Amati, Plann - Rencanakan.

Saat tersesat, timbul perasaan yang sangat menakutkan, sangat penting untuk bertindak dengan tenang dan objektif sebanyak mungkin, karena setiap keputusan yang kamu buat sekarang itu sangat penting.

Berteriak minta tolong bisa berguna, saat Kamu berpikir Kamu masih dekat dengan kelompokmu atau desa atau jejak, tetapi perlu diketahui, suara teriakan didalam hutan, susah diketahui dari mana asalnya, atau focus suara itu sendiri. Semua itu dipengaruhi oleh kondisi hutan, kontur dan kelebatan hutan yang bisa berpengaruh pada pantulan suara, atau biasa kita dengar dengan istilah Gema/menggema. 

Baca juga : Mengetahui Arah Mata Angin Saat Tersesat

Jika Kamu berjalan kaki dan tahu Kamu tidak jauh dari desa atau jalan, coba cari tahu dari mana Kamu datang dan kembali ke titik yang Kamu kenal. Ini bisa berupa aliran sungai, titik ketinggian atau tanda medan yang mencolok yang telah kamu lewati.

Ingat aktifitas yang telah kamu lewati selama satu jam terakhir berjalan dan bayangkan Apa yang Kamu lihat, Apa landmark yang Kamu lewati, atau Ke arah mana matahari berada, ingatan apa pun akan sangat membantu.

Baca Juga : Kenali Jenis Tumbuhan Yang Bisa Dimakan

Orientasi di hutan
Jika tidak ada jalur yang tampak jelas, maka Kamu harus memilih arah dan terus ke arah yang konsisten. Jika mungkinkan, sebaiknya tinggalkan jejak yang mencolok atau pesan yang bisa dibaca, hal ini bisa memberikan informasi kepada tim penyelamat. Informasi tersebut seperti jam barapa kamu tinggalakan tempat, kamu mengarah kea rah mata angina yang mana, dan seterusnya, semakin banyak informasi yang kamu berikan, maka semakin bagus. Media pesan bisa kamu tulis, dikertas dan simpan di tempat yang mudah dilihat, atau tulis dibatu maupun ditanah. 

Perhatikan kali kali kecil yang bisa Kamu ikuti sampai menjadi sungai, yang akan membawa Kamu keluar dari hutan. Semakin lebar sungai, semakin besar kemungkinan akan ada kehidupan.

Perhatikan jejak binatang, biasanya binatang mempunyai jalan atau jalur untuk menuju ke titik air, disana kamu bisa memperhatikan, apakah air itu mengalir atau tidak, atau merupakan aliran sungai yang bisa kamu jadikan patokan untuk mengikuti aliran tersebut sampai ke desa. 

Tetapkan prioritas Kamu untuk tetap hidup
1. Cari air minum, 
2. bangun tempat berlindung sebelum malam tiba, 
3. buat senjata atau alat untuk membuat sesuatu, dan 
4. temukan sumber makanan.

Baca Juga : Tehnik Dasar Bertahan Hidup Di Hutan
loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post