“Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung,” Soe Hok Gie.

Menjadi anggota mapala memang susah susah gampang, kamu akan diperhadapkan dengan proses yang panjang, hingga nantinya menjadi seorang petualang tangguh. Tapi, kamu tidak perlu kawatir, kalau menjadi seorang  anggota mapala itu memang sangat susah, seharusnya tidak ada satupun mahasiswi di Indonesia ini yang bisa masuk mapala, karena wanita pada umumnya mempunyai fisik dan mental yang lemah dibanding laki laki. 

Kamu akan memikirkan baik buruknya, untung ruginya sebelum memutuskan masuk atau terlibat langsung sebagai organisatoris di kampus, nah pertimbangan itu akan membatmu semakin bingung dan bisa membatalkan niatmu untuk bergabung. Dalam tulisan ini, kami akan membantumu memberi penjelasan kenapa masuk mapala itu sebuah keharusan saat kamu sudah kuliah. Berikut ini alasannya : 

1. Percaya Diri
Anggota mapala akan menjadi percaya diri saat di kampus maupun di tempat umum lainnya. Kamu akan merasakan bedanya saat kamu telah digembleng fisik dan mental selama mengikuti proses pendididkan dasar mapala. Kalian akan diajarkan menjadi pribadi  yang lebih percaya diri dan berani mengambil keputusan. Itu merupakan latihan karakter paling dasar yang harus dimiliki setiap anggota mapala.

2, Kreatif.
Perhatikan secretariat mapala, dan bandingkan dengan sekret UKM lainnya, kamu bisa memperhatikan kreatifitas tak terbatas dari anggota yang disalurkan melalui tulisan di mading, penataan secretariat, dan banyak bahan bahan bekas yang dimanfaatkan kembali. Selain itu, menjadi anggota mapala kamu akan kaya ide, karena banyaknya pengalaman, pegetahuan yang akan kamu rasakan saat mengikuti proses manjadi anggota.

3. Berkarakter.
Dipendidikan dasar mapala, kamu akan diperhadapkan dengan beberapa contoh masalah, dan kamu diharuskan menyelesaikan masalah tersebut, baik personal maupun tim, jadi proses tersebut secara tidak langsung sedang melatih kamu, agar kamu bisa mengambil sikap, keputusan, resiko, serta bisa bertanggung jawab. Perubahan karakter tersebut akan terasa saat kamu sudah kembali ke dunia kampus. 

4. Hoby jadi uang
Organisasi mapala mempunyai bidang atau divisi sebagai minat dan bakat mahasiswa (i). Nah, bagi yang ingin total dengan potensi yang dimiliki, mapala adalah sarana yang tepat. Contohnya, kamu senang dengan naik gunung, kamu bisa menjadi atlit mountain running, orienter, atau menjadi mountain guide.  Semua bisa menjadi keuntungan jika kamu focus. 

5. Banyak Teman
Saat masuk kuliah, kamu akan menemukan teman teman baru yang akan bersamamu selama masa kuliah. Tapi dengan masuk mapala, teman baru bukan hanya teman teman fakultas atau teman se kampus saja, kamu akan mengenal lebih jauh teman teman pencinta alam lainnya, seperti mapala se Indonesia, kelompok pencinta alam dan siswa pencita alam. Karena pencinta alam diikat oleh 1 kode etik pencinta alam se Indonesia, dan untuk mapala, setiap tahunnya ada agenda temu wicara dan kenal medan mapala se-indonesia, disana  kita akan mendapatkan teman baru dan tentunya pengalama baru. 

Bagaimana sobat alam? Sudah siap menjadi bagian dari pencinta alam. Jangan ragu lagi, beberapa alasan diatas dari puluhan alasan lainnya bisa kamu jadikan gambaran sebelum bergabung dan menjadi bagian dari keluarga besar Mapala Se  Indonesia. Salam Lestari.

loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post